Sejarah Vendor IT Cisco

http://www.ucas.edu.ps/Gallery/site_images/original/2017/04/cisco_1200x794.jpgSebagian besar pelaku bisnis jaringan pasti telah mengenal apa itu cisco. Tapi tidak bagi kita yang baru masuk ke bidang jaringan. Bagi sebagian besar orang yang mengetahui tentang cisco, mereka telah salah kaprah. Mereka menganggap cisco adalah router. Sedangkan Router ya Cisco. Padahal Router hanya salah satu produk Cisco. Mungkin anda salah satunya

Pada tahun 1980 sepasang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack bekerja pada perusahaan komputer yang berbeda. Mereka mengalami kesulitan agar komputer yang bekerja di departemen yang berbeda tersebut dapat berkomunikasi. Sehingga mereka membuat sebuah gateway yang mereka tempatkan di ruang tamu.
Pada tahun 1984, mereka membuat sebuah produk dengan nama cisco (dengan c kecil). Dan inilah cikal bakal dunia networking. Saat sebuah server gateway cisco di buat, penemuan ini telah merubah dunia networking hingga sekarang. Banyak yang mengira bahwa cisco adalah San Francisco System. Padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Dan pada tahun 1992, perusahaan tersebut dirubah menjadi Cisco System, Inc.

Produk Pertama Cisco

 https://viva-telecom.org/img/cisco/1801-k9/1801-k9_884600000.jpg

Dalam dunia Cisco kita mungkin pernah mengenal istilah “The Old Alphabet Soup Products”. Yaitu istilah untuk produk-produk pertama Cisco. Produk pertama Cisco diantaranya adalah :
  1. Advanced Gateway Server (AGS).
  2. Mid-Range Gateway Server (MGS).
  3. Compact Gateway Server (CGS).
  4. Integrated Gateway Server (IGS).
  5. Advanced Gateway Server Plus (AGS+).
Sebagai perusahaan pertama dalam dunia jaringan, Cisco menjadi pemimpin dalam dunia networking. Termasuk dalam dunia internet, Cisco seperti tidak tertandingi. Cisco telah mengubah sejarah. Cisco telah berhasil membuat orang-orang menjadi mudah berkomunikasi, transfer data, serta mengirim data tanpa mempedulikan waktu, tempat, dan platform.

Cisco Internetwork Operating System (IOS)

Cisco telah mengembangkan teknologinya dari tahun ke tahun. Cisco telah memberikan solusi dari setiap permasalah dalam hal komunikasi dan jaringan. Semakin banyak produk hardware yang telah Cisco rilis. Selain itu, Cisco juga membuat sebuah software yang diberi nama Cisco Internetwork Operating System atau biasa disebut IOS.
IOS menyediakan segala fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengoperasian jaringan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »